Cara Mem-Pitch Podcasters

Dalam pengalaman saya, melempar diri sendiri sebagai subjek wawancara podcast sangat berbeda dari melempar buku Anda ke penerbit atau mendapatkan di televisi, dengan satu pengecualian: Anda harus mengerjakan pekerjaan rumah Anda.

Memasukkan naskah Anda ke penerbit membutuhkan proposal formal yang mengandung unsur-unsur tertentu, seperti rencana pemasaran dan bagian buku yang bersaing dan pelengkap, di samping bab sampel. Talk-show host seperti Jay Leno memiliki panduan yang sangat spesifik untuk calon tamu, sepanjang garis Anda harus menggunakan formulir pengiriman e-mail kami dan Anda harus mengirim video format tertentu. Dan, tentu saja, untuk liputan media cetak, ada siaran pers tradisional dan varian media sosialnya.

Ambil Pendekatan Pribadi

Karena sebagian besar podcast adalah media pribadi dan tidak resmi, sebagian besar podcast mencurigai adanya pembicaraan pemasaran dan siaran pers, terutama jika pitch terlihat seperti sesuatu yang telah dikirim dalam skala besar. Kebanyakan podcaster memiliki audiensi vokal yang kecil, orang-orang yang menganggap mereka sebagai teman dan siapa yang akan membiarkan mereka tahu dengan pasti jika mereka tidak menyukai pertunjukan. Ada rasa kuat komunitas di antara podcaster dan pendengar, dan ketika datang untuk melakukan wawancara, podcaster lebih memilih orang-orang yang menjadi bagian dari komunitas itu untuk orang-orang yang tidak, kecuali orang yang diwawancarai sangat terkenal.

Seperti blogger (dan banyak podcaster adalah blogger), podcaster cenderung mencurahkan nada buruk kepada pendengar mereka karena hanya membuang sampah dan mengabaikannya. Untuk mempelajari apa yang tidak boleh dilakukan, lihatlah Blog Pitch Buruk.

Memilih Podcast ke Pitch

Pada bulan April 2006, FeedBurner melaporkan bahwa mereka menerbitkan 44.000 umpan podcast. Itu kabar baik: ini adalah taruhan yang cukup aman bahwa apa pun yang Anda tulis, seseorang sedang membicarakannya. Dan tidak, Anda tidak perlu mendengarkan semua 44.000 untuk mengetahui mana yang harus dilemparkan.

Ingat profil audiens yang harus Anda buat ketika Anda membuat proposal buku Anda? Anda ingin menemukan podcaster yang audiennya sama dengan pembaca ideal Anda. Ini lebih mungkin menjadi podcaster yang berbicara tentang subjek yang sama dengan buku Anda daripada ulasan buku atau podcast sastra, meskipun Anda juga tidak boleh mengabaikannya.

Untuk menemukan podcast pada subjek yang tepat, periksa direktori podcast seperti iTunes dan Podcast Alley, yang memungkinkan pendengar untuk menilai dan meninjau podcast. Baca uraian dan ulasan dan buat daftar pendek kandidat yang paling mungkin.

Dan, tentu saja, jangan mengabaikan podcast yang sudah Anda dengarkan.

Bergabung dengan 'In Group'

Jadi apa yang Anda lakukan setelah Anda melalui dan menemukan podcast dengan nilai tertinggi pada subjek yang terkait dengan buku Anda? Pertama, dengarkan podcast. Lebih baik lagi, berlangganan podcast dan dengarkan beberapa acara. Baca catatan acara dan komentarnya. Cari tahu apakah wawancara adalah bagian reguler dari pertunjukan. (Beberapa menunjukkan wawancara fitur setiap minggu, yang lain kadang-kadang, dan beberapa tidak sama sekali.)

Selanjutnya, mulailah berkomentar. Ketika Anda meninggalkan komentar di blog acara, Anda dapat memasukkan URL untuk buku Anda, bukan halaman rumah Anda untuk beberapa promosi diri halus, tetapi yang penting adalah untuk menanggapi dengan serius sesuatu dalam episode itu. Tulis satu atau dua paragraf yang melanjutkan percakapan dan tunjukkan bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan.

Koneksi Asli

Meskipun podcaster tidak selalu mengharapkan orang yang mereka wawancarai untuk mendengarkan setiap acara mulai saat itu, mereka akan menghindar dari siapa pun yang minatnya tampaknya terlalu egois. Hanya karena podcast memiliki banyak pendengar, bukan berarti Anda menyukai acara atau podcaster. Jika tidak, jangan mencoba memalsukannya untuk mencapai pasar potensial untuk buku Anda. Pastikan podcast dan inangnya sesuai untuk kepribadian Anda sebelum Anda mencoba berbaris wawancara.

Sederhana sekali

Anda mungkin harus melakukan ini lebih dari satu kali sebelum podcaster meminta untuk mewawancarai Anda, tetapi jika apa yang Anda katakan cukup menarik bagi para pendengar (yang biasanya akan mendengarnya dibacakan di episode berikutnya serta memiliki kesempatan untuk membaca di blog acara), podcaster dapat segera menghubungi Anda. Jika tidak, teruslah mendengarkan dan berkomentar untuk beberapa acara, dan buat korespondensi e-mail dengan podcaster.

Setelah Anda yakin bahwa podcaster dan pendengar tahu siapa Anda dan menemukan komentar Anda menarik, rela diri Anda sebagai orang yang diwawancara. Dan selama ada cukup waktu sebelum tanggal wawancara, kirim podcaster salinan buku Anda. Bahkan jika wawancara itu bukan tentang buku itu sendiri (dan mungkin tidak akan terjadi), memiliki buku di tangan membantu podcaster untuk datang dengan pertanyaan wawancara.

Biarkan Diskusi Berjalan

Tentu saja Anda ingin mendengarkan episode dengan wawancara Anda di dalamnya, tetapi jangan berhenti di situ. Periksa catatan acara untuk melihat apa yang pendengar katakan tentang pertunjukan. Adakah yang bisa Anda jawab dan tanggapi?

Ini juga ide yang baik untuk mendengarkan episode berikutnya untuk mendapatkan lebih banyak umpan balik, dan untuk mengirimkan jawaban apa pun yang Anda miliki untuk pertanyaan yang mungkin muncul. Beberapa pertanyaan mungkin datang langsung kepada Anda, tetapi banyak pendengar merasa lebih nyaman berurusan dengan host podcast (s).

Jika cukup banyak pendengar ingin tahu lebih banyak, Anda mungkin akan diundang kembali untuk wawancara lain.

Manfaat Samping

Beberapa podcaster juga mengulas buku. Memang, ada podcast ulasan buku di luar sana, dan tidak ada salahnya untuk mencari mereka. Seorang podcaster yang menyukai buku Anda mungkin juga menulis ulasan singkat di blog acara dan menyertakan tautan afiliasi Amazon.

Salah satu hal terbaik tentang wawancara podcast adalah, Anda dapat menautkan langsung ke episode dari situs web Anda sendiri tanpa harus khawatir tentang bagaimana menangani file audio di ujung Anda. (Sangat sering, meskipun, podcaster akan memberi Anda izin untuk mengirim ulang file di situs Anda sendiri jika Anda ingin melakukannya.)

Yang terbaik dari semuanya, Anda tidak harus melalui lapisan penyaringan untuk mendapatkan akses ke podcaster – yang merupakan bagian dari mengapa podcaster memiliki penggemar yang berdedikasi seperti itu.

© 2006 Sallie Goetsch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *